Cara Mengajari Anak Membaca Al-Qur’an

Cara Mengajari Anak Membaca Al-Qur’an Dari Nabi shallallahu’alaihi wasallam bersabda: “Sebaik-baik manusia adalah yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya.” (HR Bukhari)

Di dalam hadits ini tidak disebutkan batasan usia tentang pada usia berapa kita mulai mempelajari dan siapa orang yang hendak kita ajari.

Maka dari itu dalam mengajarkan Al-Quran kepada anak juga termasuk dari maksud hadits ini. Namun, tidak semua orang tua dapat mengajarkan Al-Quran kepada anak dengan baik.


Sebelum mengajari anak membaca Al-Quran, ada beberapa hal yang perlu orang tua ketahui, diantaranya:

   Sebagai orang tua atau guru hendaknya mengingatkan anak untuk memperhatikan terhadap apa yang akan dipelajari. Mulai melatih anak langsung dari mushafnya.

   Selain itu juga memperkenalkan kepada anak tentang tanda-tanda waqaf dan istilah apa saja untuk memperbaiki bacaan Al-Quran pada setiap ayat seperti, sukun, mad, idgham, menebalkan huruf qalqalah, memperjelas makhraj (tempat keluarnya) setiap huruf, hamzah qatha’, hamzah washal dan lain sebagainya.

   Sebelum anda membacakan surah pendek, mulailah dengan membuka pembicaraan ringan yang dapat membuat anak semangat dalam mempelajari surah tersebut dan dengan mudah memahami maknanya.

   Serdengarkan bacaan Al Quran pada anak dengan bacaan yang khusyuk’, boleh lebih dari satu kali.

   Mulailah meminta anak untuk membaca surah tersebut sepenggal demi sepenggal secara bersamaan dan ulangi dari satu kali.

   Perlu diperhatikan oleh orang tua maupun guru untuk tidak lupa membenarkan bacaan anak supaya tidak ada yang salah sedikitpun. Karena jika tidak dibenarkan akan terbawa hingga ia dewasa.

   Ini menjadi catatan penting untuk para orang tua maupun guru bahwa anak perlu difahamkan dengan makna ayat-ayat Al-Quran yang dia pelajari dengan pemahaman yang cukup sederhana, sesuai tingkatan pemikirannya.


Dalam mengajari buah hati membaca Al-Quran tentu saja banyak hambatan-hambatan yang terjadi, maka hendaklah para orang tua dan guru selalu berdo’a kepada Allah agar senantiasa diberi kesabaran dan keteguhan niat dalam mengajarkan Al-Quran kepada anak. Semoga dengan para orang tua mengajarkan A-Quran kepada anak-anak mereka sejak kecil, di generasi mendatang mereka akan menjadi orang yang faham tentang Al-Quran serta dapat mengamalkannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jilbab Khimar Modern Terbaru

Profil dan Biodata Ciccio Manassero Sinetron Cowokku SUPERBOY 2014

Cara Memakai Jilbab Terbaru Paling Lengkap